Marching Band Paduan Matematika dan Estetika (Pono Banoe)

Wawancara Prof. Dr. Pono Banoe, MA. DMusEd

(Dikutip dari: portal Trendmarching)

Bagaimana pandangan bapak tentang perkembangan ilmu marching band di tanah air sekarang ?

Marching Band di Indonesia semakin pesat perkembangannya. Dan berbicara tentang ilmu, kebutuhan Marching Band sama dengan tuntutan keilmuan musik secara umum.

Kita tidak mengenal apa yang disebut “ilmu Marching band” tetapi yang jelas suatu pementasan Marching Band adalah merupakan paduan matematika dan estetika yang menyatu dalam unjuk gelar dengan kepatuhan baris berbaris dan keserasian konfigurasi.

Coba perhatikan petikan kurikulum MBCC berikut yang berisikan antara lain:  Introduction to Marching Band, Essential Theory of Music, Musical Instruments, Marching & Manuevering, Percussion Line & Feature, Horn Line & Feature, Display & Showmanship, Drum Major & Field Commander, Arranging & Harmony, Teaching Method, Musical Form & Analysis, dll.

Dapat kita simpulkan bahwa MBCC berusaha untuk meningkatkan kualitas kepelatihan Marching Band melalui berbagai disiplin ilmu.

Apa yang melatarbelakangi terbentuknya Music Education College(MEC) “Suling Bambu” ?

Yang melatarbelakangi terbentuknya MEC Suling-Bambu adalah keprihatinan saya terhadap praktisi guru musik yang masih banyak membutuhkan panduan keguruan bidang studi musik secara komprehensif. Saya berasumsi bahwa apabila anak-anak didik menerima ilmu dalam keadaan berkekurangan, maka masa depan musik kita mungkin hanya akan mendapatkan musik-musik instan yang tidak menggugah selera keilmuan.

Sejak lembaga pendidikan umum Suling-Bambu berdiri tahun 1986 saya sudah memprediksi kemungkinan ini, sehingga tepatlah saatnya kini untuk berbuat dengan mengutamakan pembinaan keguruan musik yang diawali dengan Pendidikan Guru Musik Sekolah dan Luar Sekolah bagi praktisi musik dan guru berpengalaman 2-3 tahun guna memperoleh jenjang Bachelor of Music in Music Education (BmusEd/S1), Konservatorium Musik 12 semester bagi tamatan SLTP sebagai calon guru musik dalam jenjang Licenciate Diploma of Music Education College (LMEC/D3) dan Marching Band Coaching Course sebagai wadah pembinaan pelatih marching band dalam jenjang Licenciate of Music in Marching Band Coach (LMBC/D3).

Apa manfaat jika insan drum band dan marching band kita mengikuti program pendidikan di MEC ?

Tentu saja manfaatnya sangat besar. Sebagai insan pemain banyak sekali keterbatasannya. Agar tidak hanya bergerak seperti robot atau mesin seyogyanya mereka memiliki pengetahuan musik secara ilmiah sehingga penghayatannya semakin dalam.

Apakah pendidikannya harus melalui MEC tentu saja tidak, sebab banyak institusi lain dapat menjadi alternatif untuk menimba ilmu. Namun apabila melalui MEC tentu ada kekhususannya, sebab hanya MEClah yang memiliki kelembagaan Marching Band Coaching Course (MBCC) dengan kesetaraan Diploma-3. MBCC mencoba menempatkan pelatih marching band pada kedudukan yang lebih bernilai.

Karena MEC berafiliasi dengan The International Universisty (TIU) maka sertifikat yang dikeluarkan mendapatkan legalisasi TIU melalui representasi Vice Chancellor-nya di Indonesia.

Apa perbedaan seorang pelatih jika mengajar di lapangan dengan seorang pelatih yang mengikuti program di MEC dan menerapkan di lapangan setelah lulus?

Tentu saja bisa terjadi bahwa praktisi pelatih di lapangan dapat lebih unggul tetapi misi MEC adalah mempersiapkan pelatih masa depan yang secara bertahap dapat terangkat kedudukannya dengan kepastian Civil Effect yang lebih teruji. Sejujurnya hasil yang efektif adalah apabila seorang alumni dapat menyalurkan seluruh kemampuannya dengan bekal maksimal dari modul-modul perkuliahannya. Dia diharapkan lebih peka dan kritis di lapangan terhadap kemungkinan pengetahuan umum yang berkembang, khususnya pengetahuan umum musik dengan terminologi yang sama.

Sekumpulan pelatih yang berkualitas tentu lebih baik dalam menganalisa Marching Band sebagai produk seni audio-visual.

MEC tidak mencetak musisi atau artis sebab di Indonesia ini sudah banyak kursus-kursus ketrampilan alat musik.

Saya lebih condong pada usaha pembinaan kader musik masa depan. Itulah sebabnya MEC membuka kejuruan Penelusuran Bakat Musik Anak-anak (PBMA) bagi usia Prasekolah hingga SD kelas 1-2-3. Model yang sama telah kami mulai dari KMA (Yamaha), KUDAMA (Yasmi), PEMUKA (Lowrey), KDMA (Medan Musik), MUSIK BERKELOMPOK (Technics), BISIKA (Bina Musika), BMA (Abdi Siswa), PDMA (Pupuk Kaltim), CMC (Sekolah Pelita Harapan), dll.

MBCC mencoba menempatkan pelatih marching band pada kedudukan yang lebih bernilai.

Apakah disana diajarkan mengaransemen musik marching band dengan komposisi horn line dan perkusi ?

Benar MBCC mengajarkan aransemen Marching Band, baik bagi hornline, percussionline atau aransemen terpadu dengan diawali dengan pengetahuan ragam jenis alat musik yang berbeda-beda nada dasarnya.

Apa harapan bapak untuk generasi muda marching band kita yang sangat menyukai bidang seni ini ?

Harapan saya unit marching band dapat menjadi wahana pembentukan watak yang anggotanya mampu mandiri, sehat lahir batin dan mampu menempatkan diri sebagai anggota unit dengan disiplin tinggi selayaknya anggota masyarakat yang bersedia patuh dalam organisasi kenegaraan.

2 responses to “Marching Band Paduan Matematika dan Estetika (Pono Banoe)

  1. salam marching band indonesia . .
    saya ingin menanyakan satu hal tentang MEC suling bambu ini.
    dimana saya bisa mendaftar untuk masuk MEC??
    dan apa syaratnya?
    apakah ada ketentuan khusus untuk itu?

    saya pribadi seorang instruktur drumband di salah satu SMP di bandung, saya mengalami banyak kesulitan tentang pemahaman dan perbedaan antara marching band, drum band dan drum line . .
    mohon bantuannya ddemi kemajuan marching band di indonesia.
    terima kasih.

  2. Untuk syarat pendaftaran silakan contac ke Bp. Prof. DR Pono banoe secara langsung. Hp. 081585643338.
    bagi saya dengan adanya MEC ini sangat meningkatkan pengetahuan Musik yang tidak saya dapatkan di tempat kursus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s